Home Buah Buah Durian Besar dari Pohon Ratusan Tahun

Buah Durian Besar dari Pohon Ratusan Tahun

14
0

Pohon durian yang besar ukuran buahnya itu diperkirakan sudah ratusan tahun umurnya, besarnya batang sekitar dua meteran, tingginya pohon lebih dari 30 meteran. Ukuran buahnya rata rata sebesar kaleng, duri kulitnya berbentuk piramid pendek pendek, daging buahnya tebal, rasanya manis.

Tania seorang anggota kelompok taruna tani, organisasinya bernama Kelompok Tani Mekarbiru “SARINO”. Pemimpinnya Herana Suherlan MSc., seorang guru.

Sudah setahun Iamanya Tania mengenal dan membaca Subhur, dan sampai sekarang semakin menyenangi isinya. Tania tertarik sekali pada masalah durian, terutama Sitokong dan Monthong, khususnya mengenai artikel yang dimuat di Subhur edisi Januari 1991.

Membaca artikel itu, ada beberapa pertanyaan yang Tania kemukakan pada Pakar Pertanian yaitu

apakah selain durian durian unggul yang sudah terkenal itu masih ada durian lain yang bisa diperbanyak kalau ia mempunyai sifat sifat yang sangat baik;

apakah durian yang buahnya besar besar juga bisa dikembangkan seperti durian unggul lainnya?

 

Selama ini Tania sangat rajin mengamati bermacam macam durian yang terdapat di kampung Tania. Durian seperti Sikotong Monthong, dan Petruk menurut pengamatan Tania masih terlalu kecil ukurannya kalau dibandingkan dengan salah satu durian istimewa yang sampai sekarang pohonnya masih tumbuh sehat dan pruduktif di kampung Tania

“Saya tidak menyebutkan durian yang isinya bagus tetapi kecil kecil ukuran buahnya, karena durian kecil seperti itu banyak sekali terdapat di daerah saya, Ki.” durian besar yang terdapat di kampungnya itu. Untuk itu Tania telah belajar praktek tatacara memperbanyak durian secara gratting, okulasi dan penyusuan di BBI Hortikultura Pasirbatang, Bandung.

Pertanyaan Tania selanjutnya, apa saja syarat syarat bibit durian unggul, dan dalam penjualan bibitnya itu apakah diperlukan sertifikat atau tidak?

Tan, selain varietas varietas durian unggul yang sudah resmi dilepas pemerintah dan sudah terkenal, sebenarnya masih banyak varietas Iain yang juga unggul namun belum banyak dikenal masyarakat luas. Durian durian unggul seperti itu juga layak diperbanyak tanamannya, kalau ia memiliki sifat sifat istimewa, disukai orang dan permintaan dari masyarakat terhadap bibitnya cukup tinggi. Begitu pula durian yang ukuran buahnya luar biasa besar seperti yang Tania ceritakan di atas, juga layak diperbanyak, kalau Tania berhasrat melestarikan dan mengembangkannya. Lebih lebih kalau permintaan masyarakat terhadap bibitnya cukup memadai jumlahnya.

Tan, syarat syarat durian unggul yang diinginkan masyarakat penggemar tanaman, antara lain harus memenuhi kriteria sebagai berikut.

Umurnya genjah, dalam usia pendek pohonnya mampu menghasilkan buah.
Produksinya banyak, hasil per pohon setiap musimnya ratarata jauh lebih baik dibandingkan tanaman durian lain yang terdapat di sekitarnya.
Rasa dan aromanya memenuhi selera masyarakat.
Daging buahnya tebal, teksturnya lembut tak berserat, bijinya kecil atau malah kempes.
Tingkat keseragaman bentuk, ukuran dan warna buah dalam satu pohon cukup banyak.
Tingkat ketahanan tanaman terhadap hama penyakit cukup baik.

LEBAH MADU PERUSAK RAMBUTAN ?
Tania pernah membaca berita, bahwa para pekebun rambutan di Subang dan sekitarnya resah dengan adanya peternak lebah madu yang beroperasi di daerahnya. Mereka merasa keberatan dengan hadirnya peternak lebah madu itu, karena kegiatan serangga itu dianggap bisa menurunkan hasil dan mutu buah rambutannya.

Benarkah lebah madu yang digembalakan di kebun rambutan itu biang keladinya?

Tan, hinggapnya lebah madu dan serangga penyerbuk lain pada kuntum bunga yang sedang mekar justru sangat diharapkan oleh pohon, karena sangat membantu persarian bunganya. Dengan demikian hasil buah yang terberuuk nantinya bisa lebih lebat dan banyak.

Menurut pendapat Pakar Pertanian dengan masuknya lebah gembalaan di perkebunan rambutan justru akan menguntungkan petani. Asalkan ketika lebah itu digembalakan di kebun, pohon rambutannya sedang berbunga lebat. Agar tidak banyak bunga yang gugur akibat kurang banyak terjadi persarian, peranan lebah madu gembalaan bisa membantu meningkatkan persarian hunganya itu.

SYARAT TUMBUH BELIMBING
Tania seorang mahasiswa Faperta, jurusan budidaya pertanian di UISU, Medan. Dewasa ini sedang menyelesaikan makalah ilmiah yang dibebankan dosen kepada diri Tania.

Untuk itu, Tania tertarik pada masalah belimbing. Ternyata Tania terbentur pada beberapa kesulitan. Di antaranya data persyaratan tumbuh yang menyangkut iklim (curah hujan, sinar matahari, ketinggian tempat tumbuh, kelembapan dan suhu udaranya) dan tanah (jenis jenis tanah yang disukai, topografi, kesuburan tanah, drainase dan keasamannya); tatacara pemupukan (jenis pupuk daun dosis); tatacara perawatan dan pemangkasannya serta kapan perlakuannya itu.

Tan, belimbing baik sekali ditanam di dataran rendah sampai berketinggian 500 meter dpl.; daerah itu bercurah hujan 7 12 bulan basah; kedalaman air tanahnya 50 200 cm dari permukaan tanah; ruang pertumbuhannya mendapat sinar matahari berlimpah sepanjang hari; posisi pertumbuhannya cukup terlindung dari tiupan angin kencang agar tajuk pohon tidak rusak dan buahnya tidak rontok berjatuhan.

Tan, penjual bibit yang terpercaya biasanya akan menyertakan sertifikat atau label pada bibit yang akan dijualnya itu, terutama kalau bibitnya dipasarkan ke masyarakat umum. Tujuannya, untuk menjaga kepercayaan konsumen, sehingga mereka tidak ragu membelinya. Dengan demikian, penjual atau pembibitnya dituntut kejujurannya dalam menjaga mutu dan keaslian bibit yang dipasarkan atau diproduksinya itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here