Home Buah Tujuh macam rambutan di desa Tengguli

Tujuh macam rambutan di desa Tengguli

15
0

Menurut Sukarman, Abu Hasan, Harun dan Ahmadi, petani petani rambutan di Desa Tengguli, terdapat tujuh macam rambutan di daerahnya. Masing masing memiliki keisti mewaan dan ciri khas tersendiri.

Cempiring, Seroja, Bulu Lutung, Sibau, Si kuning, Bukok dan Jari adalah tujuh varietas rambutan lokal yang sangat dikenal masyarakat Kalbar. Masing masing memiliki ciri khas tersendiri.

Pusat perkebunan rambutan di Kalbar terdapat di Desa Tengguli, Sawang, Sindara dan Sindak. Semuanya termasuk wi layah Kecamatan Sambas, Kabupaten Sam bas yang beribukota Singkawang. Luas perkebunan sekitar 600 ha, terbanyak di Desa Tengguli seluas 200 hektar.

Semua rambutan itu ditanam petani di lahan gambut yang pH nya 4.5. Bibitnya berasal dari cangkokan. Per pohon bisa menghasilkan 300 kg buah semusim. Biasanya musim rambutan berlangsung antara Agustus sampai Desember.

 

Cempiring
Bentuknya lonjong, tapi sebagian ada juga yang bulat. Kulitnya merah, rambutnya panjang dan merah pula warnanya. Daging buahnya tebal, keras, ngelotok, kering dan manis. Kandungan airnya sedikit.

Buiu lutung
Bentuknya bulat. Warna kulitnya merah keabu abuan mirip bulu iutung. Daging buahnya tebai, putih, keras, kurang ngelotok, rasanya segar, manis dan banyak mengandung air. Dari ketujuh rambutan ter sebut, Bukok dan Jari agak sulit diperoleh karena jarang ditanam petani.

BUNGA ANYELIR DOBEL
Bu Iin, saya ingin sekali menanam bunga anyelir yang mahkota bunganya “dobel”. Jenis anyelir ini banyak saya lihat di buku buku atau brosur terbitan luar negeri. Anehnya saya sulit untuk mendapatkannya di sini kecuali yang mahkotanya “singgel” yang banyak dijual di pedagang bunga di Bogor. Karena itulah saya mohon informasi di mana saya bisa mendapatkan bunga anyelir yang “dobel”.

Selain itu saya juga ingin menanyakan komposisi media tanam serta pH tanah yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. Perlu ibu ketahui, rumah saya terletak pada daerah dengan ketinggian 300 m dpl. Yang ingin saya ketahui apakah pada ketinggian itu anyelir dapat berbunga dengan baik? Oh ya, tolong sajikan tulisan khusus any6r pada edisi mendatang. Terima kasih.

Tanaman anyelir atau yang dikenal juga dengan nama Dianthus atau Carnation adalah tanaman dataran tinggi. Bilamana tempat penanaman terletak pada ketinggian 300 m di atas permukaan laut, anyelir sulit tumbuh dan berbunga dengan bagus. Saya pernah mencobanya pada ketinggian 700 m dPI (di Cilember), memang mau berbunga, hanya tangkai bunganya lemah sekali dan bunganya cepat layu. fadi bila daerah Anda terletak pada ketinggian itu apakah tidak lebih baik mencoba jenis ta naman hias lainnya? Bibit Carnation yang bunganya “dobel” berasal dari Negeri Belanda. Saran Anda tentang rubrik khusus akan kami perhatikan.

PUPUK UNTUK ANGGREK
Saya pelanggan Subhur sejak 3 tahun lalu. Dalam kesempatan ini saya ingin menanyakan perbedaan herbisida, pestisida, fungisida, dan insektisida.

Saya juga menanam beberapa anggrek Golden Shower dan Douglas, tapi tidak tahu cara pemupukan yang tepat untuk dapat mengatur masa pembungaan nya. Pada kesempatan ini tolong informasikan juga jenis pupuk apa yang cocok untuk diberikan pada jenis anggrek itu.

Pestisida adalah racun untuk menanggulangi serangan hama atau penyakit pada tanaman. Insektisida adalah pestisida yang digunakan untuk menanggulangi serangan hama berupa serangga. Untuk menanggulangi serangan jamur digunakan fungisida, sedangkan untuk mengatasi serangan gulma atau tanaman pengganggu digunakan herbisida.

Anggrek Golden Shower dan anggrek Douglas merupakan anggrek epifit, bukan anggrek tanah. Medianya bisa berupa akar pakis, arang, pecahan

genting, atau sabut kelapa. Pada prinsipnya semua merek pupuk bisa dipakai untuk anggrek. Yang penting diketahui adalah tanaman memerlukan nitrogen (N), phosphor (P), dan kalium (K) serta unsur unsur mikro seperti Fe, Zn, Mn, Pb, dan Bo. Jadi bila Anda akan membeli pupuk, perhatikan kandungan unsur hara apa saja yang tertera di label. Bila anggrek masih dalam fase pertumbuhan maka perlu diberi pupuk yang kadar N nya lebih tinggi daripada kadar P dan K. Sebaliknya ketika anggrek memasuki masa generatif (pembungaan) anggrek perlu diberi pupuk yang kadar P dan X nya tinggi.

Selain unsur N P K yang dikenal sebagai unsur makro, tanaman juga memerlukan unsur mikro. Unsur mikro diperlukan dalam jumlah yang sangat kecil. Tetapi keberadaannya mutlak diperlukan untuk pertumbuhan tanaman. Agar pertumbuhan anggrek baik namun cara pemberiannya praktis, pilih saja pupuk yang telah mengandung unsur makro dan mikro sekalikus. Untuk mengetahuinya, jangan lupa memeriksa tabel komposisi hara yang tertera dibalik setiap label.

Untuk mengatur masa pembungaan, sebaiknya Anda perhatikan betul kapan tanaman akan berbunga. Biasanya pembungaan terjadi menjelang musim panas dan pada musim kemarau.

Seroja
Bentuknya bulat. Kulitnya separo merah, separo hijau, tapi warna rambut merah seluruhnya. Daging buahnya putih, keras, ngelotok, kering dan manis. Kadar airnya sedikit. Rambutan ini juga dikenai dengan sebutan Rambutan Siang dan Malam. Karena warna kulitnya yang berbeda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here